Beranda | Artikel
Datangnya Setan Saat Kematian Menjelang
Senin, 8 Februari 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Nur

Datangnya Setan Saat Kematian Menjelang merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 25 Jumadil Akhir 1442 H / 8 Februari 2021 M.

Kajian Tentang Datangnya Setan Saat Kematian Menjelang

Setan senantiasa berupaya semaksimal mungkin untuk menyesatkan dan mengajak manusia agar bersama dia nanti di hari kiamat dalam neraka jahanam. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mewanti-wanti seluruh umat manusia:

إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا

Setan itu musuh bagi kamu. Jadikan setan itu sebagai musuh.” (QS. Fathir[35]: 6)

Mengapa harus kita jadikan setan sebagai musuh dan tidak cukup hanya sekedar berita bahwasanya setan itu musuh? Karena semua kita merasa bahwasanya setan itu adalah musuh nyata kita. Tapi tidak semua orang bisa menjadikan setan sebagai musuh. Berapa banyak kaum muslimin yang tahu bahwa ini adalah perbuatan setan, ini adalah godaan iblis, tapi ternyata dia tetap memperturutkannya.

…إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ ﴿٦﴾

Sesungguhnya setan berupaya mengajak/menggoda manusia agar bersama dia dalam neraka sa’ir.” (QS. Fathir[35]: 6)

Oleh karena itu setan berupaya dengan sekuat tenaga dan ini sudah menjadi sumpah dia di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ ﴿١٦﴾

Setan berbicara: ‘Ya Allah karena Engkau telah menetapkan aku sebagai makhluk yang sesat, aku akan duduk di tengah-tengah jalanMu yang lurus.’” (QS. Al-A’raf[7]: 16)

Ujung dari jalan yang lurus ini adalah surga. Sementara setan dan iblis tidak suka manusia masuk surga. Maka ketika ada orang yang berada di jalan yang lurus, dia tidak akan biarkan. Manusia akan dibujuk dan dirayu agar meninggalkan jalan yang lurus.

Maka setiap shalat kita selalu berdoa:

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ ﴿٦﴾

Ya Allah tunjukkan kami jalan yang lurus.” (QS. Al-Fatihah[1]: 6)

Bagaimana Datangnya Setan Saat Kematian Menjelang? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49767-datangnya-setan-saat-kematian-menjelang/